Gallery

Galeri Nasional Gelar Pameran Karya Ahmad Sadali Sampai 14 Juli 2014

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Kepala Galeri Nasional Tubagus Andre Sukmana mengatakan Pameran “Ahmad Sadali: Karya, Pemikiran dan Penafsiran” yang digelar sampai 14 Juli merupakan kegiatan pameran Galeri Nasional Indonesia yang secara khusus menampilkan karya-karya para tokoh perintis perkembangan seni rupa Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perhatian Galeri Nasional Indonesia yang turut bekerja memelihara karya-karya berharga koleksi negara yang menjadi penting dalam penjelasan sejarah seni rupa Indonesia,” kata Kepala Galeri Nasional Indonesia Tubagus Andre Sukmana, ketika membuka pameran karya Ahmad Sadali, di jakarta, Rabu (25/6/2014) malam.

Menurut Sukmana, karya-karya Sadali merupakan salah satu bagian yang penting dalam Khazanah koleksi karya-karya di Galeri Nasional Indonesia.

“Program Pameran Maestro Galeri Nasional Indonesia diselenggarakan berlandaskan pada data dan hasil kajian koleksi kami yang kemudian dikembangkan sebagai suatu kegiatan pameran yang lebih aktif,” katanya.

Menurut dia, kegiatan itu bersifat mengundang kerja sama dari pihak- pihak lain yang dianggap memiliki kaitan yang penting dan berharga,” ujarnya.

Sukmana mengatakan inisiatif kegiatan pameran ini berawal dari terselenggaranya Pameran Maestro Raden Saleh pada 2012 yang mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat, di mana pengunjung mencapai ribuan orang.

“Selanjutnya pada 2013 diselenggarakan kegiatan pameran maestro yang bertajuk “Sudjojono: Nasionalisme, Persagi dan Kita,” katanya.

Menurut dia, pameran Sadali ini menampilkan 60 karya Ahmad Sadali dan para seniman lain dari generasi yang berbeda, generasi seniman yang lebih muda, baik seniman yang pernah mendapat bimbingan dari Ahmad Sadali di kampus Seni Rupa ITB di Bandung maupun seniman muda lainnya yang mengambil pelajaran dan pengaruh karya maupun pemikirannya.

“Para seniman yang kami undang ini menampilkan karya-karya mereka sebagai bentuk dan cara mereka masing-masing menafsirkan pemikiran dan pengaruh kekaryaan Ahmad Sadali yang fenomenal,” katanya. (Ags/maN)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s