Gallery

Dr. Ir. Heru J. Juwono Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua Umum APKLI

Irman: APKLI Harus Dapat Perhatian dari Pemerintah dan Perbankan

Suasana Munaslub APKLI di Hotel Borobudur Jakarta, Minggu (5/5/2013)

Suasana Munaslub APKLI di Hotel Borobudur Jakarta, Minggu (5/5/2013)

JAKARTA (Jurnal): Dr. Ir. Heru J. Juwono terpilih secara aklamasi menjadi  Ketua Umum APKLI dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) APKLI di Hotel Borobudur Jakarta, Minggu (5/5/2013) menggantikan Ali Mahsun yang di-mosi tak percaya, karena melanggar AD/ART.
Kepengurusan Ali Mahsun dibekukan oleh 24 pengurus DPW APKLI dan 164 DPD APKLI seluruh Indonesia, karena menambah dan mengurangi AD/ART tanpa melalui mekanisme rapat. Selain itu, dia juga mengangkat dan membekukan pengurus dari tingkat pusat sampai DPD yang tidak sesuai dengan mekanisme organisasi.
“Munaslub ini sebagai kelanjutan dari pembekuan kepengurusan ketum lama Ali Mahsun,” kata Ketua DPW DKI APKLI Hoisa Siregar.
Menurut Hoisa, selama masa kepengurusannya Ali Mahsun telah berbuat semena-mena dalam mengambil keputusan tanpa mealui mekanisme rapat .
Perlu Perhatian
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Ir. H. Irman Gusman mengatakan Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) harus mendapat perhatian dari pemerintah dan perbankan, karena terbukti pada saat Negara sedang kacau akibat krisis ekonomi pada 1997-1998, mereka menjadi penopang perekonomian nasional.
“Ketika itu, konglomerat yang puluhan tahun menikmati fasilitas pemerintah justru hengkang ke luar negeri,” kata Irman Gusman pada saat membuka Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) APKLI tersebut.
Menurut dia, sudah sepatutnya pemerintah dan kalangan perbankan memberi bantuan pembinaan dan permodalan agar mereka menjadi pengusaha yang tangguh dan mandiri, sehingga bisa memperbaiki struktur perekonomian negeri ini.

Ketua DPD Irman Gusman

Ketua DPD Irman Gusman

Menurut Irman, pedagang kaki lima adalah pedagang yng tangguh, tanpa modal, tanpa keahlian, tanpa bantuan pemerintah bahkan dikejar Tramtib atau Satpol PP, berdagang dalam cuaca panas, hujan, badai, namun sanggup menghidupi anak dan istrinya.
Irman menilai pedagang kaki lima adalah pengusaha mandiri yang mampu menciptakan lapangan kerja paling tidak bagi dirinya sendiri. “Bahkan mereka ada yang mampu memberi kesempatan kepada lima orang lainnya,” ujarnya.
Oleh karena itu, Irman mendorong agar para pengurus dewan pimpinan wilayah/daerah (DPW/D) APKLI maju sebagai calon anggota DPD dan mendukung calonnya itu agar bisa berjuang di ranah politik.
“Tanpa dukungan politik, maka nasib pengusaha kecil yang tergabung dalam APKLI tidak akan bisa diperjuangkan secara maksimal,” tambahnya.
Sinergi antara DPW/D APKLI dengan DPD akan menjadi kerjasama yang baik guna memperjuangkan nasib pedagang kecil di masa depan.
Sebelumnya Kepala Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh. Jumhur Hidayat mengatakan pedagang kaki lima anggota APKLI adalah orang-orang yang hebat, karena mereka menjadi pengusaha yang mandiri untuk kelangsungan hidup keluarganya.
Oleh karena itu, katanya, perbankan seperti CIMB Niaga yang membuka lapak di acara munaslub APKLI harus membantu membina manajemen dan permodalan para pedagang kaki lima, agar bisa meningkat menjadi pengusaha kecil dan terus meningkat lagi tingkatannya. (ags/man)

Advertisements

2 comments on “Dr. Ir. Heru J. Juwono Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua Umum APKLI

  1. Selamat pak, mudah – mudahan cepet bisa aktif lagi APKLI pusat,..karena yang di daerah sempat semrawut juga,..tiba-tiba ada ketua baru juga di daerah kami,..salam semangat, maju APKLI,….anggota APKLI Purwodadi-Grobogan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s