Gallery

BNN: Tanaman Khat Punya Efek Seperti Ganja Terhadap Tubuh

Pohon Khat Merah

Pohon Khat Merah

JAKARTA (Jurnal): Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Benny Mamoto mengatakan bahwa tanaman khat yang berasal dari Timur Tengah dan Afrika adalah tanaman yang mempunyai efek seperti ganja terhadap tubuh, mulai ditemukan di berbagai daerah al. di Tugu, Bogor seluas 3 ha.
“Tanaman Khat (Catha Edulis) diketemukan juga di Banyumas, Jawa Tengah. Tidak menutup kemungkinan akan ditemukan di tempat-tempat lain. dan peristiwa di Cisarua akan menjadi model/contoh penanganan bagi daerah lain,” kata Benny. Benny mengatakan hal itu Rabu (13/3) forum discussion group (FGD) dengan tema Tanaman Khat Legal atau Ilegal? yang digelar di PTIK, Jakarta. Tampil sebagai pembicara lainnya Prof. Yahdiana Harahap dari Fakultas Farmakologi Universitas Indonesia dan Dr. Mudzakkir, S.H., M.H, Dosen pada Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia.

Benny Mamoto

Benny Mamoto

Menurut Benny, dari hasil pengujian lab BNN nomor: SS 5 B/II/2013, tanggal 4 Februari 2014 terhadap sample daun Khat yang diajukan /dikirimkan ke Lab BNN didapatkan kandungan : Katinona, dan Katina.
Menurut dia, Katinona termuat dalam UU 35/2009 tentang Narkotika Gol. I No.. Urut 35 dan Katina termuat dalam UU No. 5/1997, tentang Psikotropika Gol. III No. Urut 6.
Warga sekitar menyebutnya Teh Arab dan di lapangan ditemukan dua jenis dengan sebutan : Khat Merah (batang agak kemerah-merahan) dan Khat Hijau (batang warna hijau normal).
Tanaman ini, kata Benny, tumbuh seperti tanaman perdu yang tinggginya dapat mencapai 3 m, oleh penduduk setempat dijadikan tanaman selingan, dan penanaman dengan cara distek dan perawatan sangat mudah (tidak perlu pupuk).
Meskipun daun Khat ini bukan tanaman pokok, namun dapat menambah penghasilan bagi masyarakat setempat, di mana harga daun Khat dijual bervariasi tergantung ukuran kresek yaitu Kresek kecil  Rp 300.000, Kresek Besar Rp 500.000 dan Kresek Jumbo Rp 1,2 Juta.
Kegunaan tanaman menurut masyarakat, katanya, tanaman Khat dapat meningkatkan ketahanan tubuh, vitalitas / stamina dan dapat menyembuhkan penyakit seperti: Diare, Diabetes, Darah Tinggi, Kolesterol dan Sakit Pinggang dan tidak ada efek samping (pendapat warga sekitar).
Menurut Benny, daun khat ini banyak dikonsumsi oleh Supir travel (antar-jemput turis Arab) yang mengunjungi Cisarua, supaya tidak mengantuk. (ags/man)

Advertisements

One comment on “BNN: Tanaman Khat Punya Efek Seperti Ganja Terhadap Tubuh

  1. Lha sebaiknya kalau memang itu gak dilegalkan cepat 2 diatur dong undang2nya janga sampai terlanjur dikonsumsi masyarakat luas kalau mmng gunanya tdk bisa dipertanggung jawabkan…..piyee tho?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s