Gallery

Menteri PU Buka Forum Jasa Konstruksi Nasional 2012

JAKARTA (Jurnal): Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto membuka Forum Jasa Konstruksi Nasional (FJKN) sekaligus seminar dan pameran Konstruksi Indonesia 2012 Rabu (28/11) di Jakarta.
FJKN dilaksanakan setiap tahun sebagai ajang menyamakan persepsi dan pemahaman tentang janggung jawab baik para penyedia maupun pengguna jasa konstruksi, serta berbagai aspirasi dari masyarakat jasa konstruksi.
Hasilnya menjadi bahan masukan bagi pemerintah untuk melakukan pembinaan dan pengembangan jasa konstruksi paa masa yang akan datang.
Menteri PU Djoko Kirmanto mengatakan bahwa kita semua berada dalam satu kapal yang sama dengan tujuan yang sama, yaitu membina dan mengembangkan jasa konstruksi Indonesia.
”Untuk itulah sangat perlu bagi kita untuk menyamakan persepsi dalam semangat kekeluargaan,” tutur Djoko.
Penyamaan persepsi, katanya, juga terkait kebutuhan penguatan jasa konstruksi nasional menyambut prospek jasa konstruksi ke depan.
Menurut dia, hal itu mencakup perencanaan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI), peningkatan kegiatan infrastruktur sehingga kondisi ini melahirkan pasar konstruksi yang sangat besar bagi para penyedia jasa konstruksi.
Djoko mengatakan, karena kecenderungan nilai kapitalisasi sektor konstruksi yang terus meningkat, jasa konstruksi di Indonesia telah dan akan memberikan peluang yang besar bagi penyerapan tenaga kerja yang memiliki keahlian dan ketrampilan di bidang konstruksi dan sebagainya.
Gambaran makro prospek jasa konstruksi di atas, katanya, merupakan peluang dan tantangan yang sangat luar biasa bagi masyarakat jasa konstruksi untuk bisa lebih berperan.
”Oleh karena itu, pembinaan terhadap anggota dari masing-masing unsur di semua aspek dalam kerangka peningkatan kemampuan dan kompetensi, perlu ditingkatkan,” katanya.
Djoko juga menyampaikan mengenai konstruksi Indonesia, yaitu event yang diadakan Kementerian PU bersama dengan masyarakat jasa konstruksi sejak 2003.
Konstruksi Indonesia 2012 mengusung tema ”Harmonisasi Konstruksi yang Berwawasan Lingkungan”, sebagai perwujudan masyarakat konstruksi di Indonesia yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari masyarakat Internasional yang saat ini sedang menyoroti masalah lingkungan hidup.
Konstruksi Indonesia 2012 menggelar delapan kegiatan utama yaitu lomba pekerja konstruksi dan sarasehan pekerja konstruksi 2012, kompetisi foto konstruksi Indonesia 2012, lomba jurnalistik/karya tulis media cetak, lomba karya tulis ilmiah terkait konstruksi, penghargaan karya konstruksi, penghargaan kinerja proyek konstruksi, penyusunan buku konstruksi 2012, pameran dan seminar konstruksi Indonesia 2012. (aGs/mAn)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s