Gallery

Menteri PU Luncurkan Standar Analisis Harga Satuan Pekerjaan

Menteri PU Djoko Kirmanto

JAKARTA (Jurnal): Menteri Pekerjaan Umum Ir. Djoko Kirmanto hari ini meluncurkan produk Litbang yaitu pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) bidang PU (Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Cipta Karya) di Pendopo Kementerian PU.

“Lahirnya AHSP tersebut sudah ditunggu sejak lima tahun yang lalu, terutama oleh pelaksana di lapangan dalam menghadapi pemeriksaan,” katanya.

Kapuslitbang PU Grahita Sutadi (kanan) sedang memberi penjelasan

Menurut Djoko, dia bangga bahwa Balitbang PU juga berhasil meluncurkan model perhitungan cepat nilai tanah untuk rencana pembangunan waduk.

“Sampai saat ini persoalan lahan untuk pembangunan infrastruktur sudah ditunggu, karena selalu muncul persoalan meskipun proyek sudah dinyatakan selesai,” katanya.

Dia mengatakan tersedianya lahan menjadi agunan yang tidak dapat ditawar lagi, meskipun infrastruktur itu untuk kepentingan publik.

“Dengan diluncurkannya model perhitungan cepat nilai tanah diharapkan permasalahan tanah untuk infrastruktur waduk dapat berkurang,” katanya.

Menurut dia, para calon pengguna kedua teknologi tersebut diharapkan dapat segera menyampaikan umpan baliknya, sehingga dapat direspons oleh produsennya secara cepat pula.

Djoko mengatakan hal itu mencerminkan adanya perhatian dan sekaligus kontribusi dari para pengguna teknologi dalam meningkatkan kualitas produk-produk litbang.

“Semoga kualitas produk-produk litbang semakin meningkat sejalan dengan peningkatan sinergi antara produsen teknologi dengan penggunanya,” tuturnya.

Dia menyambut baik setiap upaya Balitbang PU lebih proaktif menerbitkan karya Iptek dalam bentuk buku-buku ilmiah populer.

Sebagai unit pendukung Kementerian PU, katanya, Balitbang PU memang secara alami harus selalu memberikan dukungan kepada unit operasional di lingkungan Kementerian PU.

Dalam keterangan persnya setelah acara peluncuran itu, Kepala Balitbang PU Grahita Sutadi mengatakan bahwa AHSP yang dibuat badan itu merupakan pengganti analisis harga BOW yang dibuat pada zaman Belanda pada 1929 yang diperbarui pada 1941.

Menurut dia, analisis harga yang dibuat 70 tahun yang lalu itu berbeda situasi dan kondisinya dibandingkan dengan keadaan sekarang.

“Kalau pada 1941, tentu peralatannya berbeda dengan sekarang. Dulu perhitungan lebih banyak dipergunakan tenaga manusia, maka sekarang lebih banyak menggunakan peralatan mesin yang semakin canggih,” katanya.

Dengan adanya standar AHSP, katanya,  bisa menjadi dasar pengecekan apabila terjadi  sanggah banding dalam proses tender proyek.

Dalam penjelasannya itu, Grahita didampingi Kepala Bidang Litbang SDA Dr. Mulyantari, Kepala Pusat  Litbang Sosekling Ir. Loly Martina, Kapus Litbang Jalan dan Jembatan  Jawali Marbun, dan Kepala Pusat  Litbang Permukiman Dr. Anita Fermanti.

(aGs/mAn)

Advertisements

One comment on “Menteri PU Luncurkan Standar Analisis Harga Satuan Pekerjaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s